Sabtu, 12 Februari 2011

3 Hari Aku Nggak Pupup

Sore-sore bangun dari tidur, aku mendengar ibu sedang menelpon. Rupanya menelpon Bu Bidan.
"Maaf, Bu... sudah 3 hari ini anak saya nggak pupup tapi juga nggak rewel kenapa ya, Bu?" Tak lama kemudian, suara ibu lagi, "O...begitu...baik, Bu...Trimakasih..Salamualaikuum..."
Lalu ibu segera ke dapur sambil memanggil-manggil Teteh Is.  Teteh Is adalah orang yang membantu ibu setiap harinya mengurus rumah dan masak-masak. Bersama Teteh Is, ibu langsung membuat coctail berisi pepaya, buah naga, dan aloevera. Dipotong kecil-kecil dan diberi air gula hangat. Hmm...kayaknya enak dan segar!
 
Jadi ternyata aku nggak pupup selama 3 hari itu karena ibuku kurang makan sayur dan buah. Sehingga ASInya kental dan itu membuatku susah pupup.
Supaya ASInya encer ibu harus makan banyak buah, terutama pepaya. 
Untung setiap hari ibu menyediakan pepaya di dalam kulkas. Kalau menurut catatan ibu, nih...enzim pengurai protein di dalam pepaya dapat membantu usus dan pankreas atau kelenjar ludah perut, dan bisa membantu mengurai protein dan zat tepung, bagus bagi sistem pencernaan. Pepaya juga meningkatkan daya tahan tubuh dan daunnya bisa mengobati luka bakar, daunnya cukup ditumbuk dan dibalurkan saja. Pepaya juga bisa untuk mengencangkan payudara dan menguruskan badan karena enzimnya dapat mengurai protein, karbohidrat bahkan mengurai lemak, melenyapkan daging lebih, mendorong proses metabolisme, dan dengan cepat mengeluarkan lemak berlebih. Nah...untuk kecantikan kulit juga bisa, karena  kadar vitamin C nya adalah 48 kali lipatnya buah apel. Hebat ya!

Nah... kalao buah naga lebih hebat lagi!
Gunanya antara lain untuk menghaluskan kulit, menghambat Pertumbuhan Sel Tumor, dan kesehatan mata karena banyak mengandung vit A, juga vitamin B1, kalium, zat besi, protein serta kalsium.  Zat-zat ini mampu menetralkan racun dalam darah, meningkatkan penglihatan dan mencegah darah tinggi.
Juga menjadi sumber Betakaroten yang juga merupakan anti oksidan, pencegah kanker, khususnya kanker kulit dan paru.
 
Trus, kulit buahnya dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor. Bisa juga untuk penurun Kadar Gula Darah. Dengan makan 1 buah naga merah (250 gram) setiap pagi dan sore selama delapan hari bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes ( tapi, selama itu jangan makan nasi, lho...karena nasi merupakan sumber gula bagi penderita diabetes).



Satu lagi...aloevera atau lidah buaya. Biasanya ibu suka membuat minuman dari aloevera untuk ayah karena bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu bagus untuk pencernaan agar kita mudah pup. Nah...kalau Kakak suka menggunakan aloevera untuk menyuburkan rambut. Karena banyak manfaatnya itu, ibu menanamnya di pot di teras rumah.


Aku pinter, khan?
Dan bener... pas mau mandi sore, aku bisa pupup banyaaak sekali!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar