Selasa, 26 April 2011

TV No! Laptop Yes!

Untuk baby seusiaku, adalah saat yang tepat melatih fokus dan ketelatenan pada pengulangan kata. Ini kata Om BTS, loh... latihan ketelatenan pada pengulangan kata itu penting sekali, karena seumur hidup kita akan dihadapkan pada pengulangan-pengulangan atau rutinitas; mandi setiap pagi, belajar setiap hari, latihan dan PR setiap pulang sekolah, dll.
Tau nggak bagaimana caranya melatih keajegan itu? caranya, kedua tanganku diajari menunjuk pada satu benda dan benda itu disebut berulang-ulang... contohnya; kedua tanganku menunjuk hidung Om BTS, trus Om BTS menyebutkan 'hidung' berkali-kali dengan tempo yang teratur dan pelan hingga aku bisa mendengar dan mencerna kata-kata itu. Hidung ... hidung ... hidung ... begitu terus sampai aku bosan.
Asyik juga, lho...
Nah...untuk masa latihan keajegan ini, pantangannya hanya satu; nonton tv. Itu karena gambar dan suara tv yang cepat berubah-ubah bisa membingungkan aku dan akibatnya otakku tidak bisa melatih kemampuan fokusku dengan baik.
Gimana kalau liat laptop? Tanya ibuku. kalau laptop / komputer, tergantung apa yang ditonton/dimainkan. Kalu film kartun seperti di tv ya sama juga bo'ong. Tapi kalau lihat gambar atau foto dan belajar mengenal huruf, ya gak papa. yang penting pergantian gambar dan suara tidak terlalu cepat dan teratur.

Lalu Om BTS membolehkan aku menyemtuh laptopnya, dan memperlihatkan padaku gambar-gambar di situ. Bagus-bagus, loh... banyak anak kecilnya memakai baju warna warni. Trus selain itu aku diperdengarkan musik klasik yang indah di telinga. Musiknya berbeda dari musik yang biasa diputar ibuku di kamar. Biasanya kami mendengarkan lagu 'Enya', Mozart, atau Bach...ah lupa namanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar