Selasa, 05 April 2011

Latihan Fokusku yang Pertama

Hari ini aku mendapat pelajaran baru, yaitu latihan fokus.

Waktu itu kami sekeluarga ditraktir Om BTS -sahabat ayah- makan Pizza Hut. Duh... kelihatannya semua gembira dan keenakan makan pizza dan salad, kecuali aku...:( Makanya aku jadi bosan dan pengen jerit-jerit sampai semuanya kebisingan. Aku jadi merasa bosan, pengen nenen tapi nggak nyaman, pengen bobok tapi nggak bisa... Padahal sama Tante Mala -teman ibu- aku sudah digendong dan diceritain tentang gambar-gambar yang ada di dinding. Trus sama ibu juga sudah dipangku ditimang... Uuuh... tetap saja rasanya masih boseeen...aku menjerit-jerit aja sepuasku..tapi nggak nangis, lho... karena aku nggak suka nangis.


Gara-gara aku jerit-jerit gitu, ibuku jadi agak panik. Sampai akhirnya aku dipangku oleh Om BTS. Dipangku, ditimang, lalu Om BTS mendudukkanku di pangkuannya, memperlihatkan dan memainkan bekas bungkus permen yang kalau digerak-gerakkan dengan jari, bisa berbunyi ..."kresek...kresek...". Warnanya merah dan karena bunyinya itu masih asing bagiku, aku jadi tertarik dan kuperhatikan baik-baik. "...Kresek...kresek..." Wah...aku jadi pengen memperhatikan terus, nih...
 Saking asyiknya memperhatikan bungkus permen tadi, aku jadi ngantuk... dan ... tak lama kemudian aku sudah tertidur... zzzzz...zzzz

Kata Om BTS, aku sudah memasuki masa untuk melatih fokus pada sesuatu. Dengan melatih seperti sekarang, otakku akan terlatih untuk berkonsentrasi pada satu hal. Sehingga kalau sudah besar nanti aku akan dengan mudah konsentrasi meskipun ada banyak hal di sekelilingku.


Nah... mudah-mudahan ibuku nanti punya waktu untuk melatihku fokus dengan benda-benda yang lebih menarik lagi. Karena kalau aku nggak terlatih, wah bisa kebayang betapa repotnya.

Soal konsentrasi ini sering terjadi juga di usia seperti Kakak dan Kakay. Terutama kalau pas lagi belajar ada tivi atau laptop nyala. Wah... nggak jadi pada belajar, deh. Maka itu harus dimatikan dan suasana harus tenang, nyaman dan rapi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar