Sabtu, 02 April 2011

Membaca Koran dan Buku Bersama Kakay

Salah satu kegiatan yang paling kusukai menjelang tidur adalah membaca buku bersama Kakay. Eh...bukan aku yang membaca buku, loh... tapi Kakaylah yang membacakannya untukku...:)


Selain buku, ada juga Koran Anak, yaitu salah satu lampiran koran minggu yang berisi cerita anak-anak, komik, gambar, dan puisi anak-anak. Olala! Aku paling bersemangat kalau Kakay membaca untukku!
Ibuku punya kiat supaya kalau aku sudah besar nanti, aku menjadi anak yang suka membaca ;
Pertama…membiasakan membaca bersama 10-15 menit setiap harinya. Yang paling asyik ya memanfaatkan waktu sebelum tidur!

Kedua… kami menikmati setiap gambar pada buku cerita tersebut. Aku akan senang dan mudah mengerti dengan bantuan gambar yang banyak warnanya!
Ketiga… cerita yang dibacakan untukku selalu sederhana, lucu dan menarik. Dan kayaknya nanti kalau aku sudah besar, aku bias memilih buku cerita yang menjadi kesukaanku!
Keempat… Ibu kadang membaca buku yang sama setiap saat. Aku jadi bisa menikmati dan lebih mudah memahami cerita.

Nah, kalau untuk Kakak dan Kakay, dulu waktu mereka belum terbiasa membaca, ibu sering memaksa mereka membaca buku atau Koran Anak di hari Minggu. Tapi karena bacaannya bagus, lama-lama Kakak dan Kakay nggak perlu dipaksa lagi…dan akhirnya ibu membiarkan mereka memiliki inisiatif untuk memulai membaca sendiri.
Kalau sudah selesai membaca, biasanya Ibu memberi pujian atau meminta Kakak Kakay untuk bercerita kembali apa yang baru dibaca.

Kakak dan Kakay suka sekali membaca komik. Sama seperti hobby mereka menggambar komik. Membaca memang banyak sekali gunanya; kata ibu, membaca membantu kami menjadi anak yang perkembangannya menyeluruh, baik dari segi emosi maupun intelektual.
Membaca membuat kami terlatih untuk menyimak dan mendengar, sehingga syaraf motorik kami selalu terdorong untuk pintar berbicara. Membaca juga membuat kami tanpa sadar bisa focus pada sesuatu di hadapan kami. Jadi kami nggak kesulitan lagi untuk memperhatikan pelajaran di sekolah!

Oya… satu lagi, kalau karakter dalam cerita di kami baca itu bagus, kami jadi ikutan mencontoh yang bagus-bagus itu, lho…Pernah Kakay membacakan cerita tentang anak yang sehat, aku jadi pengen menjadi anak yang sehat…Trus Kakay juga membacakan buku tentang manfaat garam dapur, aku jadi berhayal nanti kalau sudah besar, aku akan memanfaatkan garam dapur seperti di buku itu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar